(Cashew) PESTO

Hello hello!

          Sudah lama sekali ya dari terakhir aku post di blog ini. Many many things had happened. Beberapa hal penting yaitu aku menulis sebuah buku berjudul “Kamus Rasa Sarah Diorita”, itupun sudah hampir satu tahun lalu. Bagi teman-teman yang belum baca, silahkan bisa dibeli di toko-toko buku besar seperti Gramedia dan lainnya. Atau bisa juga kalian beli online di :

Mizan Store // Kamus Rasa Sarah Diorita

Penyesuaian dalam hidup rumah tangga, anak yang sudah kelas 2 SD, banyak harus didampingi diajak ngobrol, diingatkan akan banyak hal.. Banyak ngomong pada intinya, dan itu adalah proses yang menurutku sangat penting dan sebisa mungkin peran kita sebagai orangtua harus hadir di saat-saat itu. So yes, i dedicate most of my time for Pitu, bersama suami, keluarga dan menggunakan waktu yang tersisa untuk passionku yang tidak lain ya tentang masak memasak. Tetapi aku juga ingin sharing tentang hal lainnya yang sering juga teman-teman tanyakan terlebih di instagram and other important things i’d like to share with you.

Kali ini aku mulai dengan resep PESTO yang sering aku share juga di instastory/feed, tetapi fotonya aja, resepnya seingatku belum pernah. Anyway, ini resep yang aku rasa semua bisa buat dengan mudah di rumah. Dan yang aku suka adalah ini menjadi sauce yang sangat versatile, bisa dipakai untuk sauce pasta (klasik), dressing salad, untuk marinate ayam, daging dan lainnya, bisa juga untuk sekedar cocolan atau olesan di roti, sandwich. Love love love sauce ini pokoknya. Semoga kalian juga bisa menikmatinya.

 

Resep video dan bla bla bla ku ada di Channel YouTube ku :

Kamus Rasa // CASHEW PESTO

 

 

PERALATAN

  • Food processor atau mortar (semacam ulekan)

 

BAHAN-BAHAN 

  • 40 gram kacang mede (panggang di oven suhu 200°C selama 12-15 menit, lalu dinginkan)
  • 1/4 sendok teh garam laut
  • 45 gram daun basil segar, cuci dan keringkan
  • 1/2 cup extra virgin olive oil
  • 1/2 sendok teh air lemon
  • 1/8 sendok teh lada hitam
  • 1 siung bawang putih (opsional)
  • 25 gram keju parmesan (opsional)

 

CARA MEMBUAT

  1. Masukkan kacang mede panggan ke dalam food processor beserta garam dan bawang putih jika menggunakan. Haluskan sebentar sampai halus/sedikit kasar tergantung selera.
  2. Tambahkan daun basil dan proses lagi sebentar hingga menyatu.
  3. Tuang olive oil dan proses lagi hingga membentuk pasta.
  4. Masukkan air lemon, lada, dan keju. Proses hingga halus atau sedikit kasar sesuai selera. 
  5. Simpan dalam toples kedap udara dan di dalam kulkas. Siap digunakan kapan saja.

 

CATATAN

  • Tekstur pesto itu bisa sedikit kasar atau halus. Jika ingin lebih halus bisa diproses dalam food processor atau spice blender hingga mencapai tekstur yang diinginkan.
  • Perlu dicatat bahwa jika terlalu lama diproses/diblend maka pesto akan berubah sedikit kecoklatan karena mesin menciptakan panas dan mematangkan daun basil.
  • Resep ini bisa dicoba dibuat dengan menggunakan ulekan/cobek, mengingat cara tradisionalnya memang menggunakan alat itu. So give it a try.
  • Pesto bisa disimpan di kulkas sekitar 7-10 hari. Seperti banyak hal, aku menyarankan untuk membuat sedikit-sedikit saja sesuai kebutuhan dalam waktu seminggu. Fresh is always better kan. Kalau habis ya bikin lagi 🙂

 

Beberapa ide menggunakan sauce pesto ini seperti untuk dressing salad, olesan di roti/toast dan juga untuk pasta tentunya. Enjoy xx – Sarah


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s